Yakin pada Buddha maka hatipun jadi tenang, takkan risau lagi
(Memegang kerisauan, mana
mungkin ada tangan kosong untuk
menggandeng tangan Buddha Amitabha? )
Jika bersungguh-sungguh memiliki keyakinan
pada Buddha, maka anda akan dapat melanjutkan melafal Amituofo dengan tenang,
takkan sambil melafal sambil timbul kerisauan.
Yang disebut dengan “ketenangan pikiran”
yakni melepaskan kerisauan dan kecemasan. Ingin melafal keluar
Amituofo tidaklah sulit, anak usia 3
tahun juga bisa melafal, namun masalahnya tak peduli kapan saja dapat dengan
tenang dan terus melanjutkan melafal Amituofo.
Ada orang yang suka mempertahankan kerisauan, jika menasehati dia agar jangan risau, maka
dia akan menjawab : “Mana mungkin hal ini boleh tidak dirisaukan?”
Bagaikan dunia ini jika tanpa dirinya yang menanggung beban kerisauan, maka
dunia ini tak sanggup lagi melanjutkan kehidupannya. Sesungguhnya setelah dia
merisaukan sepanjang hidupnya apakah ada yang terselesaikan olehnya? Apa yang dia peroleh?
◇ Insan yang
suka risau, dengan sendirinya akan ada banyak hal yang membuatnya jadi risau.
Hal yang tidak dirisaukan orang lain, dia juga akan merisaukannya;
◇ Insan yang
suka emosi, dengan sendirinya akan ada banyak hal yang membuatnya jadi marah,
hal yang tidak membuat orang lain tersinggung, dia juga akan merasa emosi;
◇ Insan yang
suka irihati, selalu kalah dari orang lain, baru ada yang dicemburuinya!
◇
Inilah yang
disebut tidak merelakan kerisauan, menggenggam kerisauan erat-erat.
◇ Tidak
merelakan kerisauan, bagaimana mungkin ada tangan kosong untuk menggandeng
tangan Buddha Amitabha?
◇ Jika ingin
menggandeng tangan Buddha maka singkirkan dulu kerisauan di tangan anda.
◇ Dapat
menggandeng tangan Buddha Amitabha maka ada segalanya, segalanya tak perlu dibawa serta, apapun tak
perlu dipegang.
◇ Bukan hanya barang-barang
di rumahmu yang tak perlu dibawa serta, bahkan emas dan perhiasan juga tak
perlu dipegang erat-erat!
Orang
yang tidak memiliki keyakinan dan tekad walau telah melafal Amituofo sepanjang
hidupnya juga masih begitu berat bebannya, pikirannya masih banyak kerisauan, juga
takkan memperoleh apa-apa! Insan yang memiliki keyakinan dan tekad akan
senantiasa bebas dan santai, bersukacita melafal Amituofo, tidak hanya merasa
kehilangan sesuatu, bahkan pada kelahiran ini dapat memperoleh fasilitas
kesejahteraan penduduk Alam Sukhavati, menikmati sukacita bersama Buddha Amitabha,
di mana-mana menebarkan semerbak harum citta Buddha.....
Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Dari Bahagia
Menuju Kebahagiaan”
真信佛,就安心,不偷偷煩惱
(抱著煩惱,哪有空手可以牽佛呢?)
(抱著煩惱,哪有空手可以牽佛呢?)
真有信佛,自然您就念佛念得下去,念得安心,不會一面念一面又偷偷煩惱。所謂「安心」就是有「放下憂愁、煩惱的能力」才能安心。要念出「阿彌陀佛」並不是很困難,三歲小孩也會念,問題是無論什麼時候都能安心堅持念下去。有的人很愛堅持煩惱,如果勸他不要煩惱,他就要說:「這種事不煩惱怎麼行呢?」好像世界上如果沒有他來負責煩惱,全世界都活不下去一樣。到底他煩惱了一輩子,是解決了什麼?又得到了什麼?
◇愛煩惱的人,自然有很多事讓他煩惱。別人不煩惱的,他也愛煩惱;
◇令愛土氣的人,自然有很多事讓他生氣,別人不生氣的,他也生氣;
◇愛嫉妒的人,常常會比別人差,才有人可嫉爐啊!
◇這都是很捨不得煩惱,把煩惱抱得緊緊的。
◇捨不掉煩惱,哪裡有空出來的手可以阿彌陀佛呢?
◇要牽上佛的手,先要把手上的煩惱丟掉。
◇能牽上阿彌陀佛的手就什麼都有,什麼也不需要帶,什麼也不需要抱住。
◇不只說您家那些垃圾,破銅爛鐵不需要抱得緊緊的,就是金銀財寶也不用抱啊!
沒有「信願」的人,念佛念了一輩子也是負擔沉重,心裡都是憂愁,也不會得到什麼!有「信願」的人會輕輕鬆鬆、歡歡喜喜念佛,不但不會失去什麼,反而當生就可頜到極樂國民福利,享受和彌陀慈父同出同入的喜悅,處處散播佛的心香……
摘自 :從樂入樂
道證法師講述