Penjemputan
yang terdekat, setiap saat Buddha menjemput dan membimbing diriku.
Makna
dari “menjelang ajal” bukan berarti periode akhir dari satu masa kehidupan, bila
kita dapat memahami bahwa bentuk-bentuk pikiran kita tanpa henti muncul dan lenyap, saat “lenyap” dapat dipahami sebagai saat
menjelang ajal, yakni babak depan lenyap segera muncul yang berikutnya. Penjemputan
oleh Buddha Amitabha, dapat dijelaskan sebagai penjemputan yang dilakukan
setiap saatnya, setiap saatnya pula hati kita terjalin dengan Buddha, hubungan yang takkan terputus , setiap saatnya
Buddha akan menuntun kita melewati kehidupan sukacita. Bimbingan yang tak
terputus dari Buddha adalah penjemputan Buddha yang dilakukan setiap saat, ini
adalah bentuk penjemputan yang paling terdekat! Insan yang sekarang juga sudi
menghadap Buddha dan menerima penjemputan dari Buddha, maka
sekarang juga terlahir ke Alam Sukhavati, melewati kehidupan Buddha yang penuh
sukacita, tak perlu mati sia-sia di alam saha!
Dikutip dari ceramah Master Dao-zheng : “Kematian
Berubah Menjadi Kelahiran”
親蜜、密切的臨終接引—每一剎那佛都接我、引導我
所謂「臨終」並不專指這一期生命要結束的時候,如果我們了解我們的心念是剎那剎那都在生、滅,就能夠體會每一剎那時時都是臨終,都是前一段的結束,同時也是下一段的生起。阿彌陀佛的「臨終接引」,嚴格來講是每一剎那都接引,每一剎那佛和我們的心都相連接,從來不會斷絕溝通,每一剎那佛都引導我們過著合理歡喜的生活,這一種不間斷的連接引導,就是每一剎那的臨終接引,這是最親蜜最密切的接引!現在,就願意面向佛、接受接引的人,是現在就往生極樂,過快樂的佛生活,不必冤枉地死在娑婆世界!
摘自 :「枉死」變「往生」
道證法師講述